welcome

Welcome Comments Pictures

Selasa, 02 Oktober 2012

Sejarah singkat domain name system (DNS)

      Domain name system pertama kali di kembangkan oleh "PAUL MOCKAPETRIS" pada tahun 1983.setahun kemudian tepatnya 1984, 4 mahasiswa Berkeley-Douglas terry,Mark puinter,David ringle,dan Sonynian zhou mengimplementasikan pertama kali ke mesin UNIX.
       software yang di kembangkan di berkeley ini kemudian di beri nama oleh Kevin Donlop pada tahun 1985 dengan BIND-berkeley internet name domain. seiring dengan waktu BIND kemudian menjadi software DNS yang paling banyak di gunakan di internet terutama untuk system UNIX.


Domain Name System

       Domain name system (DNS) digunakan untuk translasi dari IP address ke nama host yang lebih mudah diingat sehingga client dapat terhubung ke web server / ke mail server menggunakan nama domain bukan ip address. sebagai contoh,penggunaan URL "http://www.debianindonesia".org dan alamat  email "kari@debianindonesia.org" lebih mudah untuk di ingat. IP yang digunakan oleh mesin server debianindonesia dalam mengerjakan tugasnya seperti pengalamatan dan peruntingan untuk berkomunikasi antara 1 host dengan host yang lain dalam sebuah jaringan.


* Struktur domain name system

         DNS menggunakan sebuah hirarki untuk pengaturan system database terdistribusi yang di milikinya. pohon DNS ( DNS tree) terdiri dari root level,top level domain (TLD),second level domain,sub-domain,host. top level domain (TLD) di tempati oleh com,org,gol,uk,id.berikut hirarki dari domain name system:




pada implementasi dilapangan ,sebuah DNS server biasanya terdiri atas: master DNS server dan slave DNS server (secondary),sebagai cadangan jika terjadi masalah pada master DNS server. master DNS server akan menangani seluruh permintaan dari clien (misal: internet browser,e-mail,dll). seluruh perubahan database yang terjadi pada master DNS server secara otomatis akan di update oleh slave DNS server,sehingga tidak ada perbedaan database yang ada pada master dan slave DNS server.




Sumber: materi kelas XII

Tidak ada komentar:

Posting Komentar