welcome

Welcome Comments Pictures

Rabu, 17 Oktober 2012

BAB1; PENGERTIAN,TUJUAN,RUANG LINGKUP ISD DAN IPS

 1.1 PENGERTIAN ILMU SOSIAL DASAR 

 * Pengertian ISD

      Ilmu Sosial Dasar adalah pengetahuan yang menelaah masalah-masalah sosial, khususnya yang diwujudkan oleh masyarakat indonesia dengan menggunakan pengertian-pengertian berupa (fakta,konsep,teori) yang berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahlian dalam lapangan ilmu-ilmu sosial seperti: sejarah, ekonomi, geografi sosial, sosiologi, antropologi, psykologi sosial.

       Ilmu Sosial Dasar merupakan suatu bahan studi atau program pengerjaan yang khusus dirancang untuk kepentingan pendidikan/pengajaran yang di indonesia diberikan di perguruan tinggi. tegasnya mata kuliah ilmu sosial dasar diberikan dalam rangka usaha untuk memberikan pengetahuan dasar dan pengertian umum tentang konsep-konsep yang di kembangkan guna mengkaji gejala-gejala sosial agar daya tanggap, persepsi dan penalaran mahasiswa dalam menghadapi lingkungan sosialnya dapat di tingkatkan sehingga lebih peka terhadapnya.

* Tujuan ISD

    Ada beberapa tujuan dari ISD (Ilmu Sosial Dasar) diantaranya adalah:
  •   Memahami dan menyadari adanya kenyataan-kenyataan sosial dan masalah-masalah sosial yang ada   dalam masyarakat.
  •   Memahami agar kita tahu perkembangan masyarakat hingga kita bisa menempatkan diri dalam lingkungan.
  •   Peka terhadap masalah-masalah sosial dan tanggap untuk ikut serta dalam usaha -usaha menanggulanginya.
  •    Memahami jalan pikiran para ahli dari bidang ilmu pengetahuan lain dan dapat berkomunikasi dengan  mereka dalam rangka penanggulangan masalah sosial yang timbul dalam masyarakat.

 * Pengertian IPS

      IPS (Ilmu Pengetahuan Sosial) adalah sekelompok akademis yang mempelajari tentang aspek-aspek yang berhubungan dengan manusia dan lingkungan sosialnya. ilmu ini berbeda dengan seni dan humaniora karena menekankan penggunaan metode ilmiah dalam mempelajari manusia, termasuk metode kuantitatif dan kualitatif.


* Tujuan IPS

      Sama halnya tujuan dalam bidang-bidang yang lain, tujuan pembelajaran IPS bertumpu pada tujuan yang lebih tinggi. secara hirarki, tujuan pendidikn nasional pada tataran operasional dijabarkan dalam tujuan institusional tiap jenis dan jenjang pendidikan. Selanjutnya pencapaian tujuan institusional ini secara praktis dijabarkan dalam tujuan kurikuler atau tujuan mata pelajaran. pada setiap bidang studi dalam kurikulum, termasuk bidang studi IPS. akhirnya tujuan kurikuler secara praktis operasional dijabarkan dalam tujuan instruksional atau tujuan pembelajaran.


1.2. ILMU SOSIAL DASAR DAN ILMU PENGETAHUAN SOSIAL

Ilmu Sosial Dasar (ISD) dan Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) kedua-duanya mempunyai persamaan dan perbedaan.

         Ada beberapa persamaan antara ISD dan IPS diantaranya:
 a. ISD dan IPS merupakan bahan studi untuk kepentingan program pendidikan/pengajaran.
 b. ISD dan IPS mempunyai materi yang terdiri dari kenyataan sosial dan masalah sosial.

         Adapun perbedaan antara ISD dan IPS diantaranya:
 a. ISD(Ilmu Sosial Dasar) diberikan di perguruan tinggi, sedangkan IPS(Ilmu Pengetahuan Dasar) diberikan di      Sekolah Dasar dan Sekolah Lanjutan.
 b.Ilmu Sosial Dasar diarahkan kepada pembentukan sikap dan kepribadian, sedangkan Ilmu Pengetahuan    Sosial diarahkan kepada pembentukan pengetahuan dan keterampilan intelektual.


1.3. RUANG LINGKUP ILMU SOSIAL DASAR

Materi Ilmu Sosial Dasar terdiri atas masalah-masalah sosial. untuk dapat menelaah masalah-masalah sosial tersebut, hendaknya terlebih dahulu kita dapat mengidentifikasi kenyataan sosial dan memahami sejumlah konsep sosial tertentu. Sehingga bahan pelajaran Ilmu Sosial Dasar dapat dibedakan atas 3 golongan yaitu:

  • Kenyataan-kenyataan sosial yang ada dalam masyarakat yang secara bersama-sama merupakan masalah sosial tertentu. yang sering ditanggapi berbeda oleh para ahli ilmu sosial karena adanya perbedaan latar belakang disiplin ilmu atau sudut pandangannya.
  • Konsep-konsep sosial atau pengertian-pengertian tentang kenyataan­kenyataan sosial dibatasi pada konsep dasar atau elementer saja yang sangat diperlukan untuk mempelajari masalah-masalah sosial yang dibahas dalam Ilmu Pengetahuan sosial.   
Sebagai contoh dari konsep dasar semacam itu misalnya konsep "keanekaragaman" dan kosep "Kesatuan sosial". Bertolak dari kedua konsep tersebut di atas, maka dapat kita pahami dan sadari bahwa di dalam masyarakat selalu terdapat : 
a. Persamaan dan perbedaan pola pemikiran dan pola tingkah laku baik secara individual atau kelompok/golongan.
b. Persamaan dan perbedaan kepentingan.
Persamaan dan perbedaan itulah yang menyebabkan sering timbulnya pertentangan/konflik, kerja-sama, kesetiakawanan antar individu dan golongan.
  •  Masalah-masalah sosial yang timbul dalam masyarakat, biasanya terlibat dalam berbagai kenyataan-kenyataan sosial yang antara satu dengan lainnya saling berkaitan.  
 Konsorsium Antar Bidang telah menetapkan bahwa perkuliahan Ilmu Sosial Dasar terdiri dari 8 (delapan) pokok bahasan. Dari ke delapan Pokok Bahasan tersebut maka ruang lingkup perkuliahan Ilmu Sosial Dasar diharapkan mempelajari dan memahami adanya :
1. Berbagai masalah kependudukan dalam hubungannya dengan perkembangan masyarakat dan kebudayaan.
2. Masalah individu, keluarga dan masyarakat.
3. Masalah pemuda dan sosialisasi.
4. Masalah hubungan antara warga negara dan negara.
5. Masalah pelapisan sosial dan kesamaan derajat.
6. Masalah masyarakat perkotaan dan masyarakat pedesaan.
7. Masalah pertentangan-pertentangan sosial dan integrasi.
8. Pemanfaatan ilmu pengetahuan dan teknologi bagi kemakmuran dan kesejahteraan masyarakat.






Sumber:  
http://ariefsz.blogspot.com/2009/12/isd-pengertian-tujuan-isd-dan-ips.html
http://senjayaihsan.blogspot.com/2011/05/ilmu-budaya-dasar.html
             

Tidak ada komentar:

Posting Komentar