welcome

Welcome Comments Pictures

Sabtu, 22 Juni 2013

SARAPAN ITU PENTING, LOH !!

Secara lagi liburan sekolah, pasti banyak dari kamu yang balas dendam buat bangun siang dan nonton tvsampe larut malem. Akibatnya, kamu jadi ngelupain ritual wajib sarapan di pagi hari dan masih anteng di tempat tidur. Hei, sarapan itu banyak manfaat dan penting banget, loh. Gak percaya? Yuk kita buktiin bareng-bareng.
          Ada yang bilang kalo sarapan itu, ngebikin kamu tambah gendut lah atau buang-buang waktu lah. Wah, pendapat kayak gini nih, yang harus dibuang jauh-jauh. Ini persepsi yang salah,dan bisa ngejebak kamu. Bukannya kamu jadi langsing, tapi yang ada kamu malah kalap pas makan siang. Belom lagi, ada banyak momen penting saat sarapan yang kamu buang sia-sia gitu aja.
          Kalo kamu sekarang ini ngerasa males buat sarapan, mungkin itu karna baru ngejalani liburan panjang dan takut berat badan semakin bertambah. Tapi, itu gak bisa dijadiin alasan buat menghindari sarapan. Asal kamu tahu, sarapan itu banyak manfaatnya dan penting banget buat kita, lho. Selain jadi sumber energi, ada hal lain yang bisa kamu dapetin pas sarapan,loh. Apa aja, yah?

Jadi Sumber Energi
          Sarapan itu, punya pengaruh penting buat tenaga dan pikiran kamu. Dengan sarapan, fisik kamu jadi lebih kuat, fit, dan lebih gampang  berfikir serta meningkatkan semangat atau suasana hati kita. Kalo kamu sarapan Cuma dengan minum teh manis ato makan beberapa potong biskuit sampe nunggu waktunya makan siang, ini namanya bukan sarapan! Soalnya, itu semua masih kurang buat jadi sumber energi atau tenaga.
          Banyak yang berpendapat, dengan sarapan iu sama saja dengan menimbun lemak di dalam tubuh. Nah, buat menghindari itu semua sebaiknya kamu makan dengan porsi yang dibutuhkan. Nasi secukupnya, lauk pauk, dan susu. Atau menunya diganti dengan beberapa potong roti dan segelas susu.Tapi juga jangan berlebihan, bisa-bisa nanti malah kekenyangan dan males buat ngapa-ngapain.

Badan Makin Sehat
          Percaya deh, dengan sarapan di pagi hari kamu bakalan punya cadangan energi yang kamu perluin buat aktivitas pagi kamu. Walaupun, cuman bermain bersama adik atau nemenin nyokap belanja ke pasar, itu semua tetep memerlukan tenaga dan tubuh yang fit alias sehat. Dengan badan yang sehat, otomatis kamu bebas melakukan  aktivitas apa aja buat mengisi waktu liburan kali ini.
          Mau tambah viamin pas sarapan pagi? Caranya, sarapan dengan menu sehat plus minum jus buah segar. Minuman ini, paling baik buat dikonsumsi karena mengandung vitamin  dan mineral yang menyehatkan. Sari buah alami, bisa ningkatin kadar gula darah setelah semalaman kamu nggak makan. Pilihan menu alternatif lainnya adalah sereal, telur, bubur, susu, cornflakes, mie, pasta dan lainnya.

Memperbaiki Memori Kamu
          Penelitian terakhir, ngebuktiin kalo tidur semalaman bisa membuat otak kamu kelaparan dan dehidrasi. Kalo kamu nggak dapetin kadar glukosa yang cukup lewat sarapan, maka fungsi oak atau memori kamu bisa terganggu. Jadi, biar lebih gampang mikir dan nggak tulalit, kamu mesti sarapan! Meskipun semalaman kamu abis begadang, karena ngobrol seru barengan keluarga.
          Karena selain tubuh, otak kamujuga memerlukan asupan gizi dari makanan yang sehat. Dengan menjaga otak agar selalu sehat, itu sama aja dengan investasi dan tabungan buat mempersiapkan masa sekolah kamu. Gak mau dong, dibilang telmi gara-gara kamu males sarapan. Udah saatnya, kamu peduli dengan diri kamu sendiri.

Tambah Deket Sama Keluarga
          Sarapan bersama keluarga, berarti kamu lebih sering lagi punya waktu buat ketemu sama keluarga kamu. Kamu jadi bisa diskusi tentang banyak hal atau curhat sama ortu, sodara, adek atau kakak kamu. Riset menunjukan, keluarga yang duduk bersama saat sarapan biasanya lebih dekat secara emosi satu sama lain dibandingkan sama keluarga yang nggak sarapan bareng dan pergi sendiri-sendiri ke kantor atau ke sekolah.
          Bonusnya nih, kamu jadi bisa bantuin nyokap nyiapin sarapan sekaligus belajar masak. Dengan begini, kedekatan secara emosional jadi lebih berasa, deh. Kamu juga jadi lebih bebas, buat ngungkapin ato bertanya sesuatu hal yang kamu gak tahu ke nyokap. Perasaan sungkan  ao canggung, dijamin ilang seketika dengan sering interaksi antarkeluarga. Berkat sarapan, keluarga kamu justru bisa lebih harmonis kan?

Ngurangi Stres
          Riset yang dilakukan di Amrik, ngungkapin kalo seorang pelajar yang ngelewatin sarapan pagi ternyata lebih gampang terkena depresi atau stres. Sebaiknya, mereka yang sempat sarapan ngerasa lebih puas dan nunjukin minat yang tinggi sama pelajaran di sekolah. Siswa yang sarapan juga bakal mendapat asupan vitamin A, D, E, zat besi, dan kalsium yang lebih banyak dibandingin mereka yang nggak sarapan. Hayoo, pilih stres apa pilih sarapan?

          Well, udah ngerti kan, kenapa sarapan jadi sesuatu hal yang wajib dan sayang banget buat kamu lewatin. Dengan menyisihkan sedikit waktu di pagi hari untuk sarapan, banyak manfaat untuk tubuh dan diri sendiri, sampe lebih dekat lagi dengan keluarga kamu. Jadi, masih berani buat gak sarapan di pagi hari?

Sumber: Berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar