welcome

Welcome Comments Pictures

Kamis, 06 Juni 2013

Manusia Dan Tanggung Jawab

TANGGUNG JAWAB

Tanggungjawab adalah kesadaran manusia akan tingkah laku atau perbuatannya yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Tanggung jawab juga berarti berbuat sebagai perwujudan kesadaran akan kewajibannya. Apabila di kaji, tanggungjawab itu adalah kewajiban atau beban yang harus dipikul atau dipenuhi sebagai akibat dari dari perbuatan pihak yang berbuat, atau sebagai akibat perbuatan pihak yang lain. Kewajiban atau beban itu ditujukan untuk kebaikan pihak yang berbuat sendiri atau pihak lain dengan keseimbangan, keserasian, keselarasan antara sesama manusia, antara manusia dan lingkungan, antara manusia dan tuhan selalu dipelihara dengan baik.

Macam - macam Tanggungjawab
  • Tanggung jawab terhadap diri sendiri  
              Setiap manusia tidak luput dari kekurangannya yang berupa kesalahan ataupun kekeliruan baik yang disengaja maupun yang tidak disengaja. Apabila kita dapat bertanggung jawab artinya kita sudah mampu untuk dewasa, berfikir logis dan positif. oleh sebab itu manusia harus bertanggung jawab terhadap diri sendiri.

  • Tanggung Jawab terhadap keluarga 
              



              Keluarga adalah kelompok kecil masyarakat yang terdiri dari Ayah, Ibu, Bibi, Paman, Anak. keberadaan keluarga harus dipertahankan demi kelangsungan hidup keluarga serta menyangkut harga diri, kehormatan atau nama baik keluarga.

  •  Tanggung Jawab terhadap Masyarakat
                 Manusia adalah makhluk sosial yang dapat dikembangkan dalam hidup sebagai anggota suatu keluarga, antar keluarga dan masyarakat yang lebih luas selalu menunjukan adanya ketergantungan. karena setiap manusia tidak bisa hidup tanpa bantuan orang lain. Oleh karena itu setiap anggota keluarga wajib bertanggung jawab atas masyarakatnya.
  • Tanggung Jawab terhadap Bangsa dan Negara
             

               Setiap manusia itu adalah Warga Negara yang sekaligus warga dari suatu bangsa dalam suatu negara. kehidupan berbangsa dan bernegara dalam setiap warga Negara atau anggotanya terikat dalam suatu norma. maka didalam kehidupannya sebagai warga Negara wajib bertanggung jawab terhadap bangsa dan Negaranya. Contohnya: Zaman penjajahan dahulu, para pemuda indonesia bertanggung jawab untuk membela negaranya. turut berperang untuk memerdekakan negara kesatuan republik indonesia.
  • Tanggung Jawab terhadap Tuhan
                 Manusia dalam penciptaannya diberi kelebihan dari makhluk hidup lainnya oleh tuhan bahwa manusia diberi akal dan budi sehingga didalam mengembangkan diri hanya manusia makhluk yang berbudaya.
Walaupun begitu manusia tidak lepas dari hukum Tuhan, melainkan mutlak terikat menurut agama yang dianutnya. Hal ini menginsyaratkan bahwa manusia dalam keberadaannya bertingkah laku dan berbuat hukum Tuhan menuntut tanggung jawab dari manusia itu sendiri.

PENGABDIAN DAN PENGORBANAN

        Pengabdian dan Pengorbanan adalah perbuatan baik untuk kepentingan manusia itu sendiri. Pengabdian adalah perbuatan baik yang berupa pikiran, pendapat ataupun tenaga sebagai perwujudan kesetiaan, cinta kasih sayang, norma, atau satu ikatan dari semua itu dilakukan dengan ikhlas. Pengabdian itu pada hakekatnya adalah rasa tanggung jawab. Apabila orang bekerja keras sehari penuh untuk mencapai kebutuhan, hal itu berarti mengabdi keapada keluarga.  Manusia tidak ada dengan sendirinya, tetapi merupakan mahluk ciptaan Tuhan. Sebagai ciptaan Tuhan manusia wajib mengabdi kepada Tuhan. Pengabdian berarti penyerahan diri sepenuhnya kepada tuhan, dan merupakan perwujudan tanggung jawab kepada Tuhan.

      Pengorbanan berasal dari kata korban atau kurban yang berarti persembahan, sehingga pengorbanan berarti pemberian untuk menyatakan kebaktian. Dengan demikian pengorbanan yang bersifat kebaktian itu mengandung keikhalasan yang tidak mengandung pamrih. Suatu pemberian yang didasarkan atas kesadaran moral yang tulus ikhlas semata-mata. Perbedaan antara pengabdian dan pengorbanan tidak begitu jelas. Karena adanya pengabdian tentu ada pengorbanan. Antara sesama kawan sulit dikatakan pengabdian karena kata pengabdian mengandung arti lebih rendah tingkatannya, tetapi untuk kata pengorbanan dapat juga diterapkan kepada sesama teman.


Sumber:
http://dofadroid.blogspot.com/2012/06/ibd-manusia-dan-tanggung-jawab.html
http://ekonomi.andaikata.com/2012/05/manusia-dan-tanggung-jawab-serta.html
http://pebyword.wordpress.com/2012/06/03/pengertian-dan-macam-macam-tanggung-jawab-manusia-dan-tanggung-jawab/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar