welcome

Welcome Comments Pictures

Sabtu, 22 Juni 2013

JANGAN (PERNAH) MENAHAN TAWA !!

Tertawalah sebelum ditertawakan. Ini jelas asal yah... yang benar adalah tertawalah sebelum penyakitan. Bener loh, kalo menahan ketawa atau takut dengan ketawa, bersiaplah menerima gelotophobia. Gelotophobia bisa dibilang sebagai jenis phobia yang masih anyar dan belum terlalu lama didiskusikan dalam sebuah simposium di spanyol. Sementara teori, penelitian dan aplikasinya dilakukan oleh peneliti dari University of Granda, Spanyol.
            Dalam sebuah studi, peneliti dari Universiy of Zurich,Swiss, udah melakukan survey kepada orang-orang dari berbagai negara. Mereka menemukan bahwa nggak sedikit orang yang punya penyakit malu atau takut ketawa. Menurut seorang psikolog dari Autonomous University of Madrid, Spanyol, alasan orang takut atau malu ketawa disebabkan ketakutan akan respon dan reaksi yang muncul terhadap lingkungan sosialnya. Sehingga ia lebih menahan ketawanya daripada nanti malu.
            Kuisioner sempat dilakukan ke dalam 42 bahasa di berbagai negara unuk mendeteksi penyakit ini. Hasilnya didapati bahwa Gelotophobia memiliki gejala yang beda-beda. Pertama, ada yang takut akan reaksi nggak nyaman dalam sebuah lingkungan. Lalu takut akan lelucon dan lebih memilih menghindar dari lelucon. Alasan pertama,  akan membuatnya hilang kepercayaan diri. Sementara alasan ke dua, takut dibilang “garing”, nggak nyambung atau nggak lucu.
            Konon katanya nih, penyakit yang diambil dari bahasa Yunani, yakni Gelo itu adalah ketawa sementara Probos artinya takut ini banyak dialami oleh orang-orang yang ada di Turkmenistan, Irak, Mesir, Yordania, dan Kamboja. Mereka ini kalo tertawa nggak nyaman, suka menghindar dari situasi oxcytocin, dopanin, dan seretonin bisa memperlancar sistem aliran dalam dan bikin tubuh jadi lebih santai. Ketika aliran itu nggak lagi normal, sementara hormon-hormon tersebut tertekan, yang ada bikin penyakit lebih mudah datang. Stres dan depresi adalah penyakit yang lebih sering menghampiri. Takut ketawa obatnya hanya ada dari dalam diri sendiri. So, tertawalah sebelum tertawa itu menyerang balik menjadi penyakit. Dan jangan lupa, tertawalah yang patut ditertawakan. Tapi jangan lebay yah, ntar dibilang gokil lagi...


Sumber: Berbagai sumber

Tidak ada komentar:

Posting Komentar