welcome

Welcome Comments Pictures

Selasa, 25 Maret 2014

KUIS Ke-2



Materi permintaan dan penawaran

Soal :
1.      Jelaskan definisi dari permintaan dan penawaran ?

2.      Jelaskan hokum dari permintaan dan penawaran ?

3.      Jelaskan factor apa saja yang dapat mempengaruhi hukum permintaan dan penawaran ?

4.      Factor apa saja yang dapat menggeser hokum permintaan dan penawaran ? 

5.      Buatlah ilustrasi pentuan harga keseimbangan dalam hokum permintaan dan penawaran ? (kasus buat sendiri)

Jawab :

1.      Permintaan dan penawaran dalam ilmu ekonomi adalah menggambarkan atas hubungan-hubungan di pasar, antara para calon pembeli dan penjual dari suatu barang.
Permintaan adalah sejumlah barang yang dibeli atau diminta pada suatu harga dan waktu tertentu.
Sedangkan penawaran adalah sejumlah barang yang dijual atau ditawarkan pada suatu harga dan waktu tertentu.

2.      Hukum permintaan
“Semakin turun tingkat harga, maka semakin banyak jumlah barang yang tersedia diminta, dan sebaliknya semakin naik tingkat harga semakin sedikit jumlah barang yang bersedia diminta.”

Hukum penawaran
“Semakin tinggi harga, semakin banyak jumlah barang yang bersedia ditawarkan. Sebaliknya, semakin rendah tingkat harga, semakin sedikit jumlah barang yang bersedia  ditawarkan.”

3.      Tingkat permintaan akan di pengaruhi oleh beberapa factor yang selalu mengikutinya, antara lain adalah : perilaku/selera konsumen, ketersediaan dan harga barang sejenis pengganti dan pelengkap, pendapatan/penghasilan konsumen, perkiraan harga di masa depan dan banyaknya/intensitas kebutuhan konsumen.

4.      Factor yang menggeser hokum permintaan dan penawaran antara lain :
a.       Factor yang menggeser hokum permintaan, yaitu perubahan harga barang itu sendiri dan perubahan factor ceteris paribus.
b.      Factor yang menggeser hokum penawaran adalah ceretis paribus seperti perubahan teknik produksi harga barang yang terkait biaya produksi  dan harga input.

5.      Akibat dari adanya hokum permintaan tersebut kurva permintaan menjadi miring dari kiri atas ke kanan bawah, sehingga kurva permintaan dikatakan mempunyai kemiringan negative, karena variable-variable yang berkerja dalam permintaan bekerjanya berlawanan arah. Kurva permintaan tidak mungkin menyentuh sumbu P karena berapapun harganya pasti ada konsumen yang bersedia untuk membeli barang yang dihasilkan.

Kurva penawaran

Kurva penawaran mempunyai kemiringan positif artinya variable-variablenya bekerja dalam arah yang sama. Kurva penawaran miring dari kiri bawah ke kanan atas.
Untuk membuat kurva penawaran kita gunakan table yang ada sebelumnya. Dibawah ini adalah kurva penawaran yang bergerak dari kiri bawah ke kanan atas. Kurva penawaran mempunyai slope positif, artinya jumlah barang yang ditawarkan berbanding lurus dengan harga barang. Semakin tinggi harga, semakin banyak jumlah barang yang ditawarkan.



Nama         :  DWI MILA SARI
Npm          :  12112292
Kelas         :   2KA04

Tidak ada komentar:

Posting Komentar