welcome

Welcome Comments Pictures

Jumat, 06 Februari 2015

Teknologi Dalam Pencarian Black Box


KAPAL riset Baruna Jaya I milik Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) memfokuskan pencarian badan pesawat Air Asia QZ8501 dengan menggunakan peralatan baru towed pinger locator atau alat pendeteksi black box (kotak hitam).

Pinger locator berfungsi untuk pendeteksi black box pesawat dengan cara memantulkan frekuensi. Dalam lokasi yang tepat, kotak hitam akan mengeluarkan bunyi 'ping' atau pertanda titik badan pesawat berada. Posisi kotak hitam sendiri berada di ekor pesawat.

Alat milik perusahaan swasta yang dipinjam BPPT secara gratis itu digunakan untuk penyisiran dasar laut dalam mencari kotak hitam dan reruntuhan pesawat Air Asia QZ8501 yang diduga berada di kawasan Selat Karimata.

''Hari ini (kemarin) kita kirimkan pinger locator untuk mendeteksi black box itu,'' kata Kepala BPPT Ridwan Djamalludin di Pelabuhan Panglima Utar Kumai, Kotawaringin Barat, Kalimantan Tengah, kemarin. Ridwan mengungkapkan kapal Baruna Jaya I mulai fokus melakukan pencarian di lokasi yang diduga sebagai tempat jatuhnya pesawat Air Asia.Saat ini kapal Baruna Jaya sedang melakukan pengecekan dengan menggunakan alat multibeam echo sounder.


Sumber :
http://www.mediaindonesia.com/mipagi/read/7202/Pencarian-Black-Box-Mulai-Difokuskan/2015/01/04%2009:41:00
http://lampung.tribunnews.com/2015/01/04/ini-teknologi-yang-dipakai-kapal-baruna-jaya-i-untuk-deteksi-black-box

Tidak ada komentar:

Posting Komentar