KUIS 5
1.
Apa yang dimaksud dengan produsen
dan sebutkan pengkaterorian produsen ?
2. Apa yang
dimaksud dengan perilaku produsen ?
3. Apa yang
di maksud dengan fungsi produksi ?
4. Apa yang
di maksud dengan least cost combination ?
5. Bagaimana
cara mengoptimalkan produksi ?
Jawab :
1. Produsen adalah orang-orang yang membuat dan menciptakan
suatu barang. Dalam ekonomi, produsen berarti orang-orang atau perusahaan yang
membuat suatu barang untuk dijual kembali sehingga memperoleh keuntungan.
Pengkategorian produsen :
·
Produsen
·
Distributor
·
Agen
·
Pengecer
2. Perilaku produsen adalah kegiatan pengaturan produksi
sehingga produk yang dihasilkan bermutu tinggi sehingga bisa diterma di
masyarakat dengan menghasilkan laba. Perilaku produsen dilakukan semata-,ata
agar tidak merugikan produsen namun juga tidak memberatkan konsumen. Dengan
demikian daya konsumsi akan stabil karena antara konsumen maupun produsen
sama-sama saling membutuhkan. Perilaku produsen dalam kegiatan perekonomian :
·
Bagi masyarakat, Tanggung jawab
sosial produsen kepada masyarakat.
·
Bagi pemerintah, Produsen merupakan
patner untuk menjalankan tugas pemerintah dalam mewujudkan tatanan masyarakat.
3. Fungsi produksi meliputi proses untuk mengelola input guna
menghasilkan barang
dan
jasa. Dimana outputnya yang dihasilkan juga dipengruhi oleh besarnya input dan
teknologi yang dihasilkan.
4. Least Cost Combination (LCC)
·
Penggunaan kombinasi faktor produksi
dengan menggunakan biaya yang paling murah
·
Syarat LCC : MRTS (marginal rate of
technical substitution), bila menambah salah satu input maka mengurangi
penggunaan input.
5. Mengoptimalkan produksi adalah upaya meningkatkan nilai dari
suatu produksi. Seperti meningkatkan kualitas produksi, jumlah prduksi, manfaat
produksi, bentuk fisik produksi, dsb.
Menurut saya, cara yang harus
dilakukan adalah sebagai berikut :
·
Biaya yang digunakan harus dipandang
sebagai ketentuan potensial ( potensial profit), bukan pengeluaran atau ongkos
produksi yang memang harus dikeluarkan. Dengan demikian reduksi biaya produksi
melalui peningkatan efisiansi akan meningkatkan keuntungan.
·
Setelah persepsi tentang biaya
produksi diatas berubah, menejemen harus melaksanakan aktivitas produksi
bernilai tambah (bukan sekedar mengubah input menjadi output) dengan jalan
berproduksi pada biaya produksi yang minimum. Dengan cara ini perusahaan akan
meningkatkan daya saing melalui strategi penetapan harga ( pricing strategy)
yang kompetitif dipasar.
·
Keunggulan kompetitif produk dipasar
akan mengingkatkan pangsa pasar (market share) yang berarti akan meningkatkan
penerimaan total (TR) dari penjualan produk itu.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar